Kapolres Aceh Utara Hadiri Peringatan Hari Lahir Pancasila di Lhoksukon

Kapolres Aceh Utara Hadiri Peringatan Hari Lahir Pancasila di Lhoksukon

179 Views

LHOKSUKON – Kapolres Aceh Utara AKBP Ian Rizkian Milyardin, SIK menghadiri upacara peringatan hari kelahiran Pancasila di Lapangan Upacara Kota Lhoksukon, Jumat (1/6/2018).

Upacara yang bertemakan “Kita Pancasila, Bersatu, Berbagi, Berprestasi” itu dipimpin Bupati Aceh Utara H. Muhammad Thaib. Bertindak sebagai Komandan Upacara M. Munzir S.STP dan Perwira Upacara Harry Fatra Sitepu. Upacara juga dikuti oleh kurang lebih 500 peserta.

Peringatan hari lahir pancasila 1 juni 2018 di Lhoksukon

Dalam amanatnya, Bupati Aceh Utara mengatakan, Peringatan Hari Lahir Pancasila ini baru digelar untuk yang pertama kalinya. Upacara ini meneguhkan komitmen kita agar lebih mendalami, menghayati dan mengamalkan nilali-nilai luhur Pancasila sebagai dasar bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

“Pancasila merupakan hasil dari satu kesatuan proses yang dimulai dengan rumusan Pancasila tanggal 1 Juni 1945 yang dipidatokan Ir. Soekarno, Piagam Jakarta tanggal 22 Juni 1945, dan rumusan final Pancasila tanggal 18 Agustus 1945. Adalah jiwa besar para Founding Fathers, para ulama dan pejuang kemerdekaan dari seluruh pelosok Nusantara sehingga kita bisa membangun kesepakatan bangsa yang mempersatukan kita.” ujarnya.

Kita perlu belajar dari pengalaman buruk negara lain yang dihantui oleh radikalisme, konflik sosial, terorisme dan perang saudara. Dengan Pancasila dan UUD 1945 dalam bingkai NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika, kita bisa terhindar dari masalah tersebut. Kita bisa hidup rukun dan bergotong royong.

“Sekali lagi, jaga perdamaian, jaga persatuan, dan jaga persaudaraan di antara kita. Mari kita saling bersikap santun, saling menghormati, saling toleran, dan saling membantu untuk kepentingan bangsa. Mari kita saling bahu-membahu, bergotong royong demi kemajuan indonesia.
Selamat hari lahir pancasila kita Indonesia,kita pancasila semua anda indonesia,semua anda pancasil,saya indonesia,saya pancasila.” pungkas M Thaib.

Amatan tribratanews, upacara juga dihadiri Danlanal Kolonel. Laut (P) M. Sjamsul Rizal, Wakil bupati Aceh Utara Fauzi Yusuf, Pabung Kodim 0103/Aceh Utara Mayor. Cba. Jumiin, Dansat radar Mayor. Lek. Ardi Sunarko dan juga Danrem 011 LW diwakili Mayor. Inf. Jailani.

Comments

comments

CATEGORIES
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )