Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1440 H di Masjid Agung Baitrrahim Kota Lhoksukon

LHOKSUKON – Kapolres Aceh Utara AKBP Ian Rizkian Milyardin menghadiri peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1440 H, Selasa (20/11/2018) yang dipusatkan di Masjid Agung Baiturrahim Lhoksukon.

Selain itu sejumlah pejabat Forkopimda lainnya seperti Bupati dan Dandim juga terlihat hadir bersama ribuan tamu undangan lainnya.

Peringatan Maulid yang ditandai dengan pembacaan surat suci Al-QUran, dilanjutkan dengan penyerahan “Bungoeng Jaroe” secara simbolis dari Bupati kepada anak yatim. Selanjutnya diisi dengan ceramah agama yang disampaikan Tgk. Musliadi dari Kecamatan Syamtalira Bayu, Aceh Utara.

Tgk. Musliadi menyampaikan tanggal 12 Rabiul Awal 1440 H, seluruh kaum muslim merayakan maulid Nabi Muhammad SAW, tidak lain merupakan warisan peradaban Islam yang dilakukan secara turun temurun.

“Secara subtansial, perayaan Maulid Nabi adalah sebagai bentuk upaya untuk mengenang akan keteladanan Nabi Muhammad sebagai pembawa ajaran agama Islam.” ujarnya

Sudah saatnya bagi kita untuk mulai memahami dan memperingati Maulid secara lebih mendalam dan fundamental, sehingga kita tidak hanya memahami dan memperingatinya sebatas sebagai hari kelahiran sosok nabi dan rasul terakhir yang sarat dengan serangkaian ritual-ritual sakralistik-simbolik keislaman semata, namun menjadikannya sebagai kelahiran sosok pemimpin.

“Bukan menjadi rahasia lagi bila kita sedang membutuhkan sosok pemimpin bangsa yang mampu merekonstruksikan suatu citra kepemimpinan dan masyarakat sosial yang ideal, egaliter, toleran, humanis dan nondiskriminatif, sebagaimana dilakukan Muhammad untuk seluruh umat manusia.” ujar Tgk. Musliadi.

Peringatan Maulid di Ibukota Aceh Utara ini diakhiri dengan Zikir, doa bersama dan Kenduri Maulid.

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here