LHOKSUKON – PT Pertamina Hulu Energi (PHE) NSB melakukan peresmian jalan cluster I hingga cluster IV sepanjang 10 km yang diperbaiki dengan anggaran Rp19 miliar lebih, Kamis, 16 Mei 2019. Perbaikan pengaspalan hotmix itu bekerja sama dengan Kodam Iskandar Muda (IM).

Dalam peresmian itu turut hadir Dandim 0103/Aceh Utara Letkol Inf Agung Sukoco, Bupati Aceh Utara diwakili Asisten I Setdakab Aceh Utara Dayan Albar, Kapolres Aceh Utara diwakili Waka Polres Kompol Edwin Aldro, Muspika empat kecamatan, tokoh masyarakat dan tamu undangan lainnya.

Jalan lintas cluster itu meliputi empat kecamatan, yaitu cluster I di Kecamatan Syamtalira Aron, cluster II di Kecamatan Nibong, cluster III di Kecamatan Tanah Luas, dan cluster IV di Kecamatan Matangkuli.

“Pengerjaan sinergi karya bakti Kodam Iskandar Muda dan NSB ini berjalan sangat lancar. Alhamdulillah, dari rencana tiga bulan dapat diselesaikan kurang dari dua bulan. Luar biasa, ini kerja yang sangat bagus. Karena saya lihat dari waktu ke waktu pengerjaannya sangat disiplin, dimulai pukul 07.00 WIB hingga 16.00 WIB,” ujar General Manager PT PHE NSB–NSO, Akhmad Miftah.

Miftah berharap, pengerjaan jalan tersebut dapat memberikan manfaat untuk masyarakat sekitar. “Nadi ini kalau bagus akan memberikan efek lain ke tubuh kita yang lain, sehingga saya harapkan perbaikan jalan ini paling tidak bisa menjadi jalur kegiatan dan aktivitas masyarakat,” ucapnya.

Ke depannya, kata Miftah, pihaknya juga memiliki rencana serupa untuk season yang lain. “Namun kembali lagi, perusahaan kan ada mekanismenya. Mungkin yang lain wilayahnya bukan di area operation, artinya ada beberapa company yang juga memanfaatkan wilayah itu. Barangkali nanti akan ada sinergi dengan perusahaan lain dalam pembiayaannya,” terang Miftah.

Miftah menyebutkan, pengerjaan pengaspalan jalan hotmix itu merupakan MoU pertama dengan Pangdam IM. Ke depan, tidak menutup kemungkinan akan ada kerja sama lainnya jika memang keahliannya sesuai dengan yang dibutuhkan.

“Jika ada pekerjaan lain, mereka punya ahlinya dan kita membutuhkan, tidak ada salahnya kita kerjasamakan. Karena banyak aspek positifnya kerja sama dengan mereka, lebih aman. Scheduling–nya juga benar–benar lebih cepat dan sangat disiplin dalam hal waktu. Saya pernah ngecek langsung saat dinas ke Lhokseumawe, saya melintasi jalan cluster dan ternyata pukul 07.00 WIB sudah mulai. Satu hal lagi, Kodam juga melibatkan masyarakat setempat, jadi sama–samalah,” kata Miftah.

“Jalan lintas cluster ini sudah bagus, namun jalan ini kan punya beban tertentu. Mungkin portal di depan, seperti kendaraan ayang besar diupayakan tidak melintas di sini supaya masyarakat lebih banyak memanfaatkan, terbangun, kita maintenance secara teratur supaya awet. Nantinya juga akan kita lengkapi rambu–rambu, misalkan di polisi tidur akan kita cat spotlight agar aman di malam hari, mengingat kan anak–anak muda mungkin berkendara cepat,” pungkas Akhmad Miftah.

Comments

comments

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here