BANDA ACEH – Sudah tiga hari sejak awal dibuka, kegiatan Aceh Police Expo-3 yang diselenggarakan di Lapangan Blang Padang Kota Banda Aceh terus dipadati oleh masyarakat.

Diantara 111 stand pameran yang ada, satu diantaranya adalah Stand Polres Aceh Utara, stan ini mampu menarik antusias masyarakat yang datang karena di dalamnya ada ruang kecil yang disulap layaknya sel tahanan.

Meski sel jeruji itu hanya sebagai miniature atau contoh dari yang sebenarnnya, tetapi itu yang menarik minat bagi pengunjung untuk stand Polres Aceh Utara. Tertarik dengan stand pameran, setiap pengunjung berfoto selfie di balik jeruji besi layaknya seorang tahanan kepolisian yang berada di dalam ruang tahanan.

Moment Aceh Police Expo-3 dalam rangka menyambut Hari Bhayangkara ke-73, Polres Aceh Utara sengaja membuat miniature sel penjara di lokasi Expo dengan maksud memberikan pengajaran atau edukasi dan sosialisasi tentang penerapan hukum di Kepolisian.

Sejumlah pengunjung bahkan rela mengantri menjadi seorang tahanan di balik jeruji besi milik Polres Aceh Utara ini, bukanlah sel yang sesungguhnya, namun kerangka pipa yang menyerupai sel tahanan. Pengunjung yang datang kemudian masuk dalam sel untuk kemudian berfoto selfie.

“Stand ini menarik bagi pengunjung termasuk saya dan teman-teman untuk melihat dan untuk mengetahui langsung bagaimana proses hukum orang yang bersalah untuk kemudian di kurung dalam jeruji besi,” Ujar Ratna salah seorang pengunjung, Selasa malam (9/7).

Begitupula dengan pengunjung bernama firda, menurutnya selain menarik dan unik , stand Polres Aceh Utara itu menggambarkan betapa sulitnya jika hidup di dalam jeruji besi sehingga sangat penting untuk menghindari tindak pidana apa saja, jika tak ingin merasakan hidup dalam tahanan.

Sementara itu Wakapolres Aceh Utara Kompol Edwin Aldro mengatakan, dengan keberadaan ruang tahanan di stand tersebut, diharapkan memberikan pesan positif bagi pengunjung
yakni memberikan pemahaman kepada masyarakat luas, agar mengenali hukum. Menjauhi tindak pidana dan kriminal, sehingga terhindar dari hukuman penjara.

“Polres Aceh Utara dengan stand pameran yang ada ini akan memberikan edukasi termasuk sosialisasi tentang penerapan hukum. Harapannya dengan ini, masyarakat akan mengetahui tentang bagaimana sulitnya hidup di dalam sel jeruji besi atau penjara, sehingga masyarakat tidak melakukan kejahatan atau perbuatan melawan hukum,” ujarnya.

Comments

comments

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here