LHOKSUKON – Kini, Polres Aceh Utara sudah memiliki satu unit Kendaraan taktis (rantis) water cannon. Nantinya mobil ini akan dioperasikan oleh satuan Sabhara. untuk operasi pengendalian massa dan penanggulangan kerusuhan.

Lalu seperti apa spesifikasi dari water canon yang digunakan Polres Aceh Utara ini? Namanya DWC 6500 Diproduksi oleh Daeji car (Daeji P&I) dari Korea Selatan. Menggunakan mesin diesel dari Daewoo dengan kapasitas 6500 cc. Mesin ini mempunyai power hingga 340 HP.

Fitur yang disematkan layaknya panser. Mulai bodi lapis baja antipeluru hingga Runflat tire. Teknologi ban yang bisa digunakan hingga puluhan kilometer meski tanpa angin.

Bahkan DWC6500 berkerabat dekat dengan rantis yang lebih dulu dipakai Satuan Sabhara Polres Aceh Utara sebelumnya yakni DAPC Tambora lantaran keduanya diproduksi oleh perusahaan yang sama di Korea Selatan.

Truk water cannon DWC6500 dalam menjalankan misi Dalmas sanggup membawa 6.500 liter air. Truk yang berpenggerak 4×2 ini dilengkapi sejumlah fitur canggih, untuk menembakkan air bertekanan tinggi ada dua meriam air diatas kompartemen kemudi, untuk pengendalian kanon menggunakan joystick dan monitor. Karena digerakkan secara digital, operator mengandalkan input dari front zoom camera dan cannon camera. Tidak hanya bagian depan saja yang termonitoir, di bagian belakang kendaraan juga dilengkapi kamera intai. Untuk misi rekam kejadian di lokasi, tidak lupa terdapat DVR system dan 4 channel monitor.

Punya prinsip mirip dengan truk pemadam kebakaran, DWC6500 juga dibekali self priming cenftifugal pump, auxiliary engine dan hydrant connector. Setelah massa yang rusuh dapat dipukul mundur, rantis ini juga dapat membersihkan permukaan jalan dengan lateral nozzle dan water sprinkle.

Rantis diawaki oleh 5 personel, yakni pengemudi, navigator, dan tiga operator water cannon. Konfigurasi penempatan awak dibagi ke dalam double cabin yang tahan terjangan peluru.

Mau tahu kemampuan mesin pompa di truk water cannon ini? Dengan basis mesin D4DA, truk ini dapat menyedot 2.200 liter per menitnya. Selain dioperasikan Satuan Sabhara, Korps Brimob diketahui juga menggunakan water cannon ini.

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here