Agar Menghasilkan Produk Berkualitas, Kapolres Aceh Utara Bantu Petani Garam

Agar Menghasilkan Produk Berkualitas, Kapolres Aceh Utara Bantu Petani Garam

838 Views

Kapolres melihat kualitas garam para petani garam di seunuddon

LHOKSUKON – Kapolres Aceh Utara, AKBP Ir. Untung Sangaji akan menyalurkan bantuan peralatan memasak garam hasil karyanya pada petani garam di Seunuddon, Aceh Utara. Bersama Kapolsek Seunuddon dan Camat Lapang, beberapa waktu lalu Kapolres mendatangi beberapa petani garam di kawasan pesisir didaerah terdampak tsunami ini.

 

Mulanya, Kapolres mengaku kaget melihat peralatan yang digunakan masyarakat di kawasan ini masih jauh tertinggal dan tradisional. Selain dinilai kurang efektif  dan effisien sehinga berdampak menurunnya  berkualitas  higenis dan mengeluarkan biaya produksi lebih besar.

 

“Cara pengelolaan yang benar masih jauh sekali, ini bahaya untuk dikonsumsi manusia. Nah tata kelola ini mulai dari wadah untuk masak salah, nanti akan kita bantu, saya akan berikan mereka alat seperti yang lagi saya rancang.” Ungkap AKBP Untung Sangaji. Minggu (6/8/2017)

 

Berbekal  ilmu teknik yang di miliki AKBP Untung Sangaji bertekad membenahi  sistem produksi garam masyarakat sehingga mampu menghasilkan garam berkualitas terbaik dan mampu meningkatkan  penghasilan para petani.

 

Akhirnya bersama dengan beberapa teknisi, Kapolres turun tangan dan memeriksa kadar air asin untuk di olah menjadi garam.

 

“Dari hasil pemeriksaannya kadar bahan baku garam banyak mengandung unsur besi di pasir laut yang terikut saat dimasak. Namun kadar seperti ini akan hilang karena sumber air yang akan diambil langsung  dengan menggunakan pipa dari laut.” kata AKBP Untung Sangaji.

(Noval Muliadi)

Comments

comments

CATEGORIES
Share This