Tangkal Radikalisme, Sat Sabhara Polres Aceh Utara Gencar Patroli Dialogis

Tangkal Radikalisme, Sat Sabhara Polres Aceh Utara Gencar Patroli Dialogis

703 Views

LHOKSUKON – Bahaya radikalisme merupakan sebuah ancaman nyata yang bisa terjadi di manapun. Bahkan Aceh Utara pun tak bisa dikatakan luput dari bahaya-bahaya serupa.

Ancaman radikalisme ini disadari betul oleh personel Sabhara Polres Aceh Utara. Mereka gencar mengambil berbagai langkah untuk meminimalisasi potensi konflik yang berbasis radikalisme. Satu di antaranya adalah melalui program patroli dialogis.

Sebagaimana yang dilakukan satu tim Sat Sabhara, Selasa 24 April 2018, ke sebuah pesantren yang ada diperbatasan Aceh Utara tepatnya di Dayah Darul Huda Gampong Lueng Angen Kecamatan Langkahan. Agendanya adalah patroli dialogis dengan para santri dan pengurus di dayah itu.

Kapolres Aceh Utara AKBP Ian Rizkian Milyardin, SIK melalui Kasat Sabhara AKP Zulfitri mengatakan, patroli dialogis merupakan sebuah program yang memiliki dua tujuan utama. Pertama adalah mendapatkan informasi terkait dugaan tindak pidana atau gejolak berbasis radikalisme. Tujuan kedua adalah untuk menyusun langkah pencegahan atas gejolak tersebut.

“Patroli dialogis ini diharapkan mampu memberi kami informasi tentang tindak pidana atau gejolak masyarakat yang mungkin sewaktu waktu akan terjadi sehingga akan mudah terdeteksi dini untuk pencegahannya,” ujar dia.

Selain patroli, pihaknya juga melaksanakan sambang dan kunjungi warga masyarakat utamanya di ke dayah-dayah yang ada di wilkum Polres Aceh Utara untuk mencegah paham radikalisme.

“Pelaksanan patroli kami laksanakan siang dan malam dengan sambang ke tokoh masyarakat maupun tokoh agama dengan memberikan imbauan tentang Kamtibmas dan pemahaman antiradikalisme,” pungkasnya.

(NovalMuliadi)

Comments

comments

CATEGORIES
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )