Kapolsek Ikuti Sosialisasi Kebijakan Administrasi Kependudukan di Lhoksukon

Kapolsek Ikuti Sosialisasi Kebijakan Administrasi Kependudukan di Lhoksukon

351 Views

LHOKSUKON – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Aceh Utara, kembali mengelar sosialisasi kebijakan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil, kepada ratusan Kepala Desa (Geuchik), yang digelar di Ibukota Lhoksukon, Senin (5/8/2019).

Kegiatan tersebut, diikuti Kapolsek Lhoksukon Iptu Yussyah Riandi bersama unsur Muspika lainnya termasuk 267 Kepala desa (geuchik) di Enam Kecamatan Kecamatan, di Aceh Utara. yaitu Kecamatan Lhoksukon, Cot Girek, Matangkuli, Paya Bakong, Tanah Luas dan Pirak Timu,

Sebelumnya kegiatan tersebut sudah digelar di tiga titik yaitu di Kecamatan Tanah Pasir, Tanah Jambo Aye dan Nisam .

Kepala Disdukcapil Kabupaten Aceh Utara Muhammad Zulfhadli mengatakan, Kegiatan itu bertujuan untuk memberikan informasi tentang kebijakan kependudukan dan pencatatan sipil lintas sector akan arti penting dokumen administrasi kependudukan sehingga mendorong masyarakat secara tertib dan melaporkan atas peristiwa kependudukan dan catatan sipil.

“Dalam kesempatan itu, kita juga melaunching secara simbolis Kartu Identitas Anak (KIA, merupakan program nasional dalam bentuk pemenuhan kewajiban negara bagi kepemilikan dokumen identitas yang diperuntukan kepada anak anak yang masih berusia 0 sampai 17 tahun.”kata Muhammad Zulfhadli, Senin (5/8/2019).

Disebutkan, Dalam sosialisasi tersebut selain memperkenalkn KIA dan kegunaannya, juga menjelaskan tentang persyaratan pencatatan kelahiran, persyaratan pencatatan akta kematian, serta informasi tentang KTP-el yang masa berlakunya seumur hidup.

“Kami harapkan para Kepala Desa (Geuchik), bisa menyampaikan kepada masyarakatnya tentang materi yang diberikan, termasuk tentang pengurusan KIA dan persyaratan, karena pengurusannya sangat mudah hanya membawa kartu keluarga (KK) sedangkan anak 5 tahun ke atas wajib melampirkan foto anak ukuran 2×4 sebanyak dua lembar,”pintanya

Comments

comments

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )