Pemkab Aceh Utara dan Kepolisian Siap Tangani Bencana

Pemkab Aceh Utara dan Kepolisian Siap Tangani Bencana

685 Views

LHOKSUKON – Pemerintah Kabupaten Aceh Utara bersama kepolisian menggelar apel kesiapan personel  dan peralatan untuk menanggulangi bencana yang sewaktu-waktu dapat terjadi. Pada kesempatan tersebut Sekda Aceh Utara Abdul Azis bertindak sebagai inspektur. Apel berlangsung di halaman Kantor BPBD Landeng, Lhoksukon, Jumat (14/2).

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Utara Amir Hamzah, menyebutkan kegiatan bertemakan “Penanggulangan Bencana Urusan Bersama” merupakan inisiatif dan kerja sama BPBD dan Polres Aceh Utara.

Apel gabungan tanggap bencana ini tujuannya untuk melihat kesiapan personel, baik mental maupun fisik termasuk sarana prasarana (sarpras) untuk penanganan bencana. Ia mengatakan, penanggulangan bencana merupakan tanggung jawab atau urusan bersama, sehingga dengan adanya kebersamaan maupun kekompakan seluruh stakeholder terkait, penanganan bencana diharapkan akan berjalan sesuai harapan.

“Daerah kita cukup sering ditimpa bencana tentunya membutuhkan penanganan strategis dan ekstra cepat serta membutuhkan petugas siap siaga,” ungkapnya. Menurutnya di beberapa titik, banjir bandang besar sering melanda Aceh Utara merupakan siklus berulang, hendaknya mendapat perhatian semua pihak untuk selalu lebih siaga dan waspada. Karena dampaknya bisa merusak fasilitas umum dan fasilitas sosial lainnya, bahkan bisa menimbulkan korban jiwa.

“Kita mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Kapolres Aceh Utara dan jajarannya serta Badan Penanggulangan Bencana Daerah atas upaya dan inisiatif menggelar apel siaga. Begitu juga jajaran TNI/Polri serta stakeholder lainnya selama ini sangat consern dalam memberikan kepeduliannya dalam penanggulangan bencana di Aceh Utara, telah banyak membantu bahkan menyelamatkan jiwa masyarakat seperti saat terjadi banjir yang merendam beberapa titik di kecamatan di Aceh Utara,” paparnya.

Usai apel, dilanjutkan dengan pemeriksaan sarana dan prasarana penanggulangan bencana yang dimiliki Pemkab Aceh Utara via BPBD (SAR, Damkar, Rescue) sarana dari Polres Aceh Utara, peralatan RAPI, peralatan boat evakuasi  buatan Brimob Samponiep.

Kegiatan itu turut dihadiri Dandim 0103/Aceh Utara, Kapolres Aceh Utara, para kepala SKPK, Sekretaris DPRK Aceh Utara, para Kasat dan Danki Brimob Samponiep, kepala Puskesmas, Ketua PMI, Pramuka, DPD KNPI, Ketua IPSM, Ketua RAPI, Ketua Destana, PSC Kesehatan, Tagana, SAR, Damkar, Rescue BPBD. Sumber

 

Comments

comments

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )