Kapolres Kaget Ketahui Warga Mandi Pakai Air Parit, Perintahkan Anggotanya Lakukan Hal Ini

Kapolres Kaget Ketahui Warga Mandi Pakai Air Parit, Perintahkan Anggotanya Lakukan Hal Ini

1,077 Views

**

LHOKSUKON – Ada hal menyentuh dilakukan Kapolres Aceh Utara AKBP Deden Heksaputera S, S.I.K ketika melaksanakan Patroli dan Ziarah Sinergitas TNI-Polri ke kawasan Makam Cut Nyak Meutia, Kamis (9/3/2023).

Dalam perjalanan menuju makam, Kapolres menyinggahi rumah yang tergolong tidak layak huni milik Safiah, janda 2 orang anak berusia, 59 tahun, di Gampong Ulee Blang Kecamatan Pirak Timu, Aceh Utara. Rumah itu berdiri dengan papan-pana lapuk, berlantaikan tanah, beratapkan daun rumbia yang dibungkus terpal plastik diatasnya yang dibuat agar bisa menghalau air hujan tidak menembus kedalam rumah.

Awal menapaki rumah itu, Kapolres terenyuh dengan kondisi keluarga ini, rumah mereka tidak memiliki aliran listrik, tidak ada toilet, tidak ada kompor didapurnya, mereka masih memasak menggunakan kayu bakar.

Bahkan AKBP Deden dibuat kaget ketika mengetahui jika orang yang tinggal dirumah itu mengaku jika mandi menggunakan air parit dimana tempat yang digunakan untuk mandipun hanyalah karung dan plastik bekas yang disekat diluar rumah.

“Nanti kita koordinasikan dengan PLN, tolong ini diprioritaskan, disegerakan” ujar Kapolres menunjuk anggotanya agar membantu proses pemasangan listrik dirumah itu, bahkan Kapolres juga mengungkapkan keinginannya untuk membedah rumah itu agar layak huni.

Kapolres juga menyampaikan kepada Safiah dirinya akan membuat sumur bor untuk mereka, “Nanti kita kasih sumur bor, jadi nanti ibuk WC-nya ada didalam, Insya Allah,” ujar Kapolres.

Sebelum meninggalkan rumah itu untuk melanjutkan perjalanan ziarah ke makam Cut Meutia Kapolres turut menyerahkan bantuan sosial berupa sembako dan sejumlah uang tunai yang diterima Safiah dengan mata berkaca-kaca.

Melanjutkan Patroli dan Ziarah, Kapolres juga menyinggahi sebuah tempat di kaki perbukitan di Gampong Alue Rimee, Kecamatan Pirak Timu, dilokasi itu Kapolres bersama Kasbrigif 25/Siwah dan tim menyerahkan bantuan sosial kepada 20 yatim dan fakir miskin dilokasi itu.

Kapolres juga berkesempatan melakukan sosialisasi karhutla kepada warga sekitar dan kemudian melanjutkan Ziarah ke Makam Cut Nyak Meutia.

Comments

comments

CATEGORIES
Share This